Pertanyaan tentang Adsense dan blog

beberapa pertanyaan yang sering di ajukan oleh temen-temen baik lewat email maupun komen di blog ini saya coba jawab disini sesuai dengan pengalaman pribadi saya:

Pengen ikut adsense, tapi gak punya website/blogkarena syarat utama adsense adalah harus punya web/blog, berarti harus bikin dulu, kalo belum bisa bikin sendiri dan belum punya domain sendiri khan bisa daftar di blog gratisan kek blogger.com, nantinya kamu akan dapat blog dengan alamat namakamu.blogspot.com

Pengen bisa bikin website/blog sendiriberarti harus belajar beberapa program standar dalam pembuatan web seperti macromedia dreamweaver, macromedia fireworks, adobe photoshop, macromedia flash dll. Kalo pengen cepet bikin webnya, bisa nyobain pake cms (Content Management System) untuk bikin web/blog seperti Wordpress, mambo, phpnuke, joomla dll. (tentang cms nanti aku bahas lebih khusus dalam posting berikutnya)

Saya udah punya blog, trus gimana caranya biar banyak di klik orang?Biar banya di klik orang ya harus banyak pengunjungnya dulu, kalo pengunjung banyak tapi jarang di klik berarti penempatan/posisi iklan perlu di atur ulang, posisi iklan di website kita sebaiknya berada di tempat yang paling sering di liat, misalnya diatas atau di akhir setiap artikel/berita. coba atur/ubah warna dan sesuaikan dengan warna yang ada pada web/blog anda.Kalo gak pengen bingung, coba atur posisi iklan sesuai dengan blog2 yang saya punya. posisi tersebut adalah poisi terbaik yang pernah saya coba, makanya gak pernah aku ubah lagi posisinya sampai sekarang.

Gimana caranya supaya blognya banyak di kunjungi orang?Dari statistik di beberapa webku, aku sering liat bahwa pengunjung kebanyakan datang dari search engine, seperti google, yahoo, msn dll. kedua adalah dari link oleh website lain. jadi kesimpulannya adalah bahwa pengunjung datang dari search engine dan link dari website lain. Untuk search engine banyak sekali faktor yang mempengaruhi agar website kita bisa muncul dalam pencarian, misalanya keyword yang dipake, tingkat persaingan dengan web lain, page rank, isi dari website itu sendiri. Saran saya untuk yang baru mau bikin web, sebaiknya bikin web/blog dengan satu tema tertentu, dan sebaiknya yang kamu kuasai materinya, misalnya tentang cell phone, furniture, camera digital dll, dengan fokus terhadap satu tema, kamu akan lebih mudah ngurusnya, dan iklan yang muncul juga relatif lebih stabil.

Saya udah daftar tapi di tolak, kenapa?silahkan email penolakannya di baca, biasanya disitu di cantumkan alasan google menolak, biasanya google menolak karena website tidak sesuai dengan ketentuan mereka, misalnya:
  • menggunakan bahasa yang tidak di support, jadi sebaiknya pake bahasa inggris, karena kalo pake bahasa indonesia biasanya di tolak
  • data pribadi kurang lengkap, alamat harus lengkap karena akan di gunakan sebagai alamat pengiriman cek
  • isi website tidak sesuai, tdak boleh mengandung sara, pornografi dll

Aturan lainnya bisa baca di policies nya google adsense

Domain gratis ada nggak?yang gratis ada, tapi dot tk, kalo .com/.net/.org dll harus bayar. lagian ngapain cari yang gratisan, harga domain sekarang kan murah. untuk .com/.net hanya 85 ribu/th, yang lebih murah lagi bisa pake .org/.info cuman 15ribu /th. tinggal nambah biaya hosting sekitar 100 ribuan untuk yang 10mb kan bisa langsung punya website. jadi biaya untuk bikin web dengan domain dan hosting 10mb sekitar 100-200 ribu pertahun.

Ada pertanyaa lain? silahkan komentar, nanti aku coba jawab disini.